Kamis, 11 November 2010

Suzuki SX4 Crossover “Lokal”,


Murah, Suzuki SX4 Crossover
INDO Mobil Niaga International (IMNI) mulai Juni 2008 akan memproduksi sedan hatchbach SX4 CrossOver dan CrossRoad dalam bentuk CKD di pabrik perakitan mobil Suzuki, Bekasi, Jawa Barat. IMNI segera merakit sendiri SX4 dalam dua versi CrossOver dan CrossRoad, ketimbang impor langsung dalam bentuk utuh (CBU) dari Jepang.
Harganya juga berbeda jauh antara impor utuh berkisar Rp 150 juta hingga RP 170 juta, dengan harga perakitan. Selain itu, diharapkan lebih murah karena impor terkena tambahan bea impor 45 persen. Sementara biaya perakitannya sekitar 12-15 persen. Ini berarti ada perbedaan harga sekitar 30 persen. Tinggal masalah penetapan besar Bea Balik Nama (BBN) yang belum tuntas di Kepolisian dan masih dinegokan IMNI.
“SX4 rakitan sampai sekarang belum bisa kita tentukan harganya. Masalah bea impor 45 persen sudah teratasi, kita tak perlu inden lagi dari Jepang yang harganya sampai Rp 170 juta per unit. Tapi masalah baru muncul karena masalah Bea Balik Nama (BBN) ada tabelnya masih mahal 15 persen. Kita ingin ke Polri ‘buka-bukaan’, kan sudah ada tabel harga BBN yang impor, kita ingin ubah lokal, kan mereka (Polisi-Red) nggak tahu lokal apa impor yang penting ada tabelnya, ini yang masih kita selesaikan sehingga harganya belum ditetapkan,” kata Presiden Direktur IMNI Subronto Laras usai pengenalan SX4 CrossOver dan CrosRoad rakitan di Manado, Rabu malam (23/4).
Menurut Subronto, selama ini inden SX4 berkisar dua bulan hingga 7 bulan karena kapasitas pabrik di Jepang terbatas dengan meledaknya peminat SX4 di seluruh dunia. Inden itu bisa mencapai 2000 unit hingga 3500 unit. Melihat peluang pasar demikian besar, maka Indomobil mengambil alih kebijakan dari mendatangkan utuh berubah ke merakit mobil sendiri.
“Kita ini rugi denga harga segitu makanya kita ingin rakit sendiri biar bisa bersaing dalam pasar lokal dengan baik dan kita bisa untung, tidak seperti sekarang harganya mepet dan kita masih rugi. Maka kita produksi perdana SX4 CrossOver dan CrossRoad hanya 30 unit, ya kalau ada bedanya dengan CBU ya beda-beda sangat tipis. Kalau CrossOver memakai ban 16 inci sedangkan CrossRoad 15 inci ya tergantung mana yang disukai konsumen saja, mereka mau pilih yang mana. Produksi perdana ini untuk test drive, produksi besarnya nanti mulai Juni sekitar 700 unit sebulan,” kata Subronto.
Indomobil masih mempelajari produksinya 400 unit SX4 CrossRoad dan 300 unit SX4 CrossOver atau sebaliknya. Kemudian Baleno yang berbasis SX4 berkisar 700-800 unit. Paling tidak IMNI menyiapkan 1500-1600 unit untuk varian-varian CrossLimit. Jumlah itu merupakan sebagian dari total target pemasaran Suzuki selama tahun 2008 sebesar 80.000 unit.
“Yah, hatchback ini kan 25 persen dari total pasar di Indonesia. Kalau target penjualan mobil nasional tahun 2008 500 ribu unit maka sekitar 125 ribu unit merupakan hatchback muai dari SX4, Swift, Yaris, Jazz, Picanto, dan lainnya,” tegas Subronto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar